Our Blog

1009938_4821724080597_1835115630_nAcara grand opening Pendidikan Karakter Berbasis Religi (PKBR) menjadi agenda ke-tiga dari Rangkaian Jelajah Almamater Universitas Brawijaya (RAJA BRAWIJAYA), dengan menghadirkan beberapa petinggi Universitas Brawijaya, pemateri yang berkualitas serta Wakil Walikota Malang periode 2013/2018, Drs. Sutiaji sebagai salah satu pembicara. Acara yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa baru 2013 ini telah terselenggara pada 21 dan 22 September 2013 di gedung Sasana Samantha Krida dan GOR Pertamina UB, dengan dibagi menjadi empat shift berdasarkan jadwal dari fakultas masing-masing.

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membentuk karakter mahasiswa yang berbudi luhur melalui konsep religius sebagai tonggak yang kokoh dalam proses pembelajaran dan kehidupan bermasyarakat. Sejalan dengan tujuan berdirinya Universitas Brawijaya, yaitu “Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademis dan professional yang tangguh dan mampu bersaing di tingkat internasional”.

Meskipun sedikit mengalami keterlambatan dari perencanaan waktu awal, acara berlangsung tertib hingga acara berakhir. Mahasiswa tampak antusias dan memberikan atensi yang baik dalam setiap sesi acara yang telah disusun oleh panitia. Acara dibuka dengan tilawah dan pembukaan dari rektor UB, Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito. Selanjutnya, acara diisi dengan perkenalan Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. H.R.B. Ainurrrasyid, MS. beserta Pembantu Dekan III seluruh fakultas. Dalam sesi ini, tampak seorang mahasiswa difabel sangat berantusias naik ke panggung untuk menjawab pertanyaan dari PR III. Ini merupakan bukti bahwaUB adalah kampus yang inklusif, tutur Ir. H.R.B. Ainurrrasyid, MS. Dilanjutkan dengan materi PKBR oleh Prof. Suyadi dan sesi terakhir (motivation training) oleh Ust. Rahmad, Ust. Eko Andi, Akhmad Muwafik Saleh, S.Sos., M.Si (Pembantu Dekan III FISIP UB) dan Drs. Sutiaji (Wakil Walikota Malang) dibagi dalam empat shift yang berbeda. Sesi motivation training di gedung Samantha Kridha yang diisi oleh Akhmad Muwafik Saleh, S.Sos. pada hari Minggu (23/9), pembicara memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan baik sebagaimana yang menjadi pesan orang tua mereka. Kemudian beliau mengajak mahasiswa untuk sejenak menundukkan kepala sejenak dan memberikan pesan untuk menjadi mahasiswa yang baik dan tidak menghianati amanah orang tua. Suasana berubah menjadi haru, beberapa mahasiswa bahkan turut menitikkan air mata.

Setelah seluruh acara terlaksana, acara ditutup dengan doa dan kemudian mahasiswa diarahkan untuk mobilisasi pulang oleh panitia. (WL)

Comments ( 0 )

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *